KISI – KISI PENULISAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MATEMATIKA KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Jenis Sekolah : Madrasah Alokasi Waktu : 60 Menit
Kelas / Semester :
VIII / Ganjil Bentuk
Soal : Pilihan Ganda dan Uraian
Kurikulum Mata Pelajaran : KTSP Jumlah
Soal : 20 Soal Plihan ganda
5 Soal Uraian
Penyusun : EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
ALJABAR
Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar
|
Behan Kelas/
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
No Soal
|
Smt
|
||||
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
VIII / Ganjil
|
Bentuk aljabar
|
·
Menyelesaikan
operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
1, 2, 4, 22, 23
|
·
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
5, 6, 7, 8, 9, 10
|
|||
1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya
|
VIII / Ganjil
|
Bentuk aljabar
|
·
Menentukan
faktor suku aljabar
|
14, 24
|
·
Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
13, 15, 16, 17
|
|||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
VIII / Ganjil
|
Relasi dan
fungsi
|
·
Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi
|
18, 19
|
·
Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
|
20
|
|||
1.4 Menentukan nilai fungsi
|
VIII / Ganjil
|
Fungsi
|
·
Menghitung
nilai fungsi
|
11
|
·
Menentukan
bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
12
|
|||
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
VIII / Ganjil
|
Fungsi
|
·
Menyusun tabel
pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
|
3, 21
|
·
Menggambar
grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
25
|
Jombang, ……….................
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
SURATMAN, S.Ag EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MTs DARUL ‘ULUM KEPUHDOKO
TEMBELANG JOMBANG
Jl. PP
Darul ‘Ulum Kepuhdoko Telp (0321) 883776
|
Nama : ...................................
Kelas : VIII - .............
1.
1.
Bentuk paling sederhana dari
5x2y – 3xy2 – 7x2y + 6xy2 adalah ….
a.
3xy2 – 12x2y c. 3xy2 – 2x2y
b.
9xy2 – 2x2y d. 9xy2 – 12x2y
2.
Jumlah dari 4x + 5y – 8z dan
x – 2y – 3z adalah ….
a.
5x + 3y – 11z c. 5x – 3y – 11z
b.
4x + 3y – 11z d. 4x – 3y – 11z
3.
Perhatikan tabel berikut!
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
f(x)
= 2x – 5
|
-5
|
-3
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Nilai x = 3 adalah ..
a.
-1 b. 1 c. 3 d. 6
4.
-2x + 3y dikurangkan dari 2x
+ 3y, hasilnya ….
a.
6y b.
6y2 c.
4x d. -4x
5.
Apabila -5(y – 2) dikurangkan
dari 7(y + 1), hasilnya adalah ….
a.
2y – 3 c. 12y + 17
b.
2y + 17 d. 12y – 3
6.
-2(-q – r) = ….
a.
-2q – r c. 2q + 2r
b.
2q + r d. -2q – 2r
7.
Hasil dari -3p(-4q + 5r)
adalah ….
a.
12pq + 15pr c. 12pq – 15pr
b.
-12pq – 15pr d. -12pq – 3pr
8.
(3x + 4)(x – 2) = ….
a.
3x2 + 10x – 8 c. 3x2 – 2x
– 8
b.
3x2 – 10x – 8 d. 3x2 + 2x
– 8
9.
Hasil kali (3x – 4y)(4x + 3y)
adalah ….
a.
12x2 – 7xy – 12y2 c. 12x2 +
xy – 12y2
b.
12x2 – xy – 12y2 d. 12x2
+ 7xy – 12y2
10.
Hasil dari (4x – 3)2
adalah ….
a.
8x2 – 6 c. 8x2 – 12x + 9
b.
16x2 + 9 d. 16x2 – 24x + 9
11.
Diketahui suatu fungsi g dengan
rumus g(x) = 3x + 7. Nilai fungsi g untuk x = 5 adalah ...
a.
15 c. 34
b.
22 d. 36
12.
Pada fungsi linier f(x) =
ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = -2, ruus fungsi f(x) adalah ...
a.
f(x) = x – 4 c. f(x) = x
+ 3
b.
f(x) = 2x - 2 d. f(x) =
2x + 5
13.
Bentuk x2 + 2x –
48 jika difaktorkan adalah ….
a.
(x – 6)(x – 8) c. (x – 4)(x – 12)
b.
(x + 8)(x – 6) d. (x + 24)(x – 2)
14.
Salah satu faktor dari: 2x2
– 5xy – 12y2 adalah ….
a.
(2x + 3y) c. (x – 2y)
b.
(2x + 4y) d. (2x – 12y)
15.
Bentuk 4x2 – 1
dapat difaktorkan menjadi ….
a.
(4x + 1)(4x – 1) c. 4(x + 1)(x – 1)
b.
2(2x + 1)(2x – 1) d. (2x + 1)(2x – 1)
16.
Bentuk sederhana dari adalah ….
a.
c.
b.
d.
17.
Bentuk sederhana dari adalah ….
a.
c.
b.
d.
18.
Secara umum, relasi
diartikan sebagai ...
a.
hubungan beberapa
himpunan
b.
hubungan antara anggota
satu himpunan dengan anggota himpunan yang lain
c.
fungsi
d.
pemetaan
19.
Berikut adalah cara
menyatakan relasi duaa himpunan, kecuali ...
a.
diagram panah c. diagram kartesius
b.
diagram venn d. pasangan berurutan
20.
Relasi dari himpunan A ke
himpunan B dinyatakan dengan hubungan “setengah dari”. Hubungan tersebut jika
dinyatakan dengan notasi fungsi akan menjadi ...
a.
f:x → 2x c. f:x → 2x - 1
b.
f:x → x / 2 d. f:x → 1 – 2x
A.
Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar!
21.
Lengkapilah tabel
berikut!
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
f(x)
= x + 3
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
22.
Bentuk 3a – 5b – a – 4b
dapat disederhanakan menjadi ….!
23.
Ani dan Ana berbelanja di
koperasi sekolah. Mereka membeli 4 buku, 2 pensil, dan 2 penggaris dengan
membawa uang Rp.15.000,-. Jika harga 1 buku Rp.2.000,-, 1 pensil Rp.1.500,-,
dan 1 penggaris Rp.1.000,-. Berapakah sisa uang mereka?
24.
Bentuk sederhana dari ialah ….
25.
Relasi antara dua
himpunan A dan B dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan {(0,-3), (1,-2),
(2,-1), (3,0), (4,1)}
Gambarlah diagram kartesiusnya!
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Soal Nomor :
1
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi tambah dan
kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Bentuk paling sederhana dari 5x2y – 3xy2 – 7x2y
+ 6xy2 adalah ….
a. 3xy2 – 12x2y c. 3xy2 – 2x2y
b. 9xy2 – 2x2y d. 9xy2 – 12x2y
|
Pembahasan
|
:
|
5x2y – 3xy2 – 7x2y
+ 6xy2
5x2y – 7x2y
– 3xy2 + 6xy2
-2x2y + 3xy2
3xy2 – 2x2y
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
2
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Jumlah dari 4x + 5y – 8z dan x – 2y – 3z adalah ….
a. 5x + 3y – 11z c.
5x – 3y – 11z
b. 4x + 3y – 11z d.
4x – 3y – 11z
|
Pembahasan
|
:
|
4x + 5y – 8z + x – 2y – 3z
4x + x +
5y – 2y – 8z – 3z
5x + 3y – 11z
|
Kunci
|
:
|
A
|
Soal Nomor :
3
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5. Membuat sketsa grafik
|
||||||||||||||
Indikator Soal
|
:
|
Menyusun tabel pasangan nilai
peubah dengan nilai fungsi.
|
||||||||||||||
Soal
|
:
|
Perhatikan tabel berikut!
Nilai
x = 3 adalah ..
a. -1 b. 1 c. 3 d. 6
|
||||||||||||||
Pembahasan
|
:
|
f(x) = 2x – 5
f(3) = 2·3 – 5
f(3) = 6 – 5
f(3) = 1
|
||||||||||||||
Kunci
|
:
|
B
|
Soal Nomor :
4
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
-2x + 3y dikurangkan dari 2x + 3y,
hasilnya ….
a. 6y b. 6y2 c. 4x d.
-4x
|
Pembahasan
|
:
|
(2x + 3y) – (-2x
+ 3y)
2x + 3y + 2x – 3y
2x + 2x +
3y– 3y
4x
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
5
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali,
bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Apabila -5(y – 2)
dikurangkan dari 7(y + 1), hasilnya adalah ….
a. 2y – 3 c. 12y + 17
b. 2y + 17 d. 12y – 3
|
Pembahasan
|
:
|
(7(y + 1)) – (-5(y – 2))
7y + 7 – (-5y – 10)
7y + 7 + 5y + 10
7y + 5y + 7 + 10
12y + 17
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
6
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
-2(-q – r) = ….
a. -2q – r c. 2q + 2r
b. 2q + r d. -2q – 2r
|
Pembahasan
|
:
|
-2(-q – r) = 2q + 2r
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
7
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali,
bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Hasil dari -3p(-4q + 5r) adalah ….
a. 12pq + 15pr c. 12pq – 15pr
b. -12pq – 15pr d. -12pq – 3pr
|
Pembahasan
|
:
|
-3p(-4q + 5r)
12pq – 15pr
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
8
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali,
bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
(3x + 4)(x – 2) = ….
a. 3x2 + 10x – 8 c.
3x2 – 2x – 8
b. 3x2 – 10x – 8 d.
3x2 + 2x – 8
|
Pembahasan
|
:
|
(3x + 4)(x – 2)
3x(x – 2) + 4(x
– 2)
3x2 – 6x + 4x – 8
3x2 – 2x – 8
|
Kunci
|
:
|
C
|
Soal Nomor :
9
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali,
bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Hasil kali (3x – 4y)(4x + 3y) adalah ….
a. 12x2 – 7xy – 12y2 c.
12x2 + xy – 12y2
b. 12x2 – xy – 12y2 d.
12x2 + 7xy – 12y2
|
Pembahasan
|
:
|
(3x – 4y)(4x + 3y)
3x(4x + 3y) – 4y(4x + 3y)
12x2 + 9xy – 16xy –
12y2
12x2 – 7xy – 12y2
|
Kunci
|
:
|
A
|
Soal Nomor :
10
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi kali,
bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Hasil dari (4x – 3)2 adalah ….
a. 8x2 – 6 c. 8x2 – 12x + 9
b. 16x2 + 9 d. 16x2 – 24x + 9
|
Pembahasan
|
:
|
(4x – 3)2 = (4x – 3) (4x
– 3)
= 4x(4x – 3) – 3(4x – 3)
= 16x2 – 12x – 12x + 9
= 16x2 – 24x + 9
|
Kunci
|
:
|
D
|
Soal Nomor :
11
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4. Menentukan nilai fungsi.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menghitung nilai fungsi.
|
Soal
|
:
|
Diketahui suatu fungsi g dengan
rumus g(x) = 3x + 7. Nilai fungsi g untuk x = 5 adalah ...
a. 15 b. 22 c. 34 d. 36
|
Pembahasan
|
:
|
g(x) = 3x + 7
x = 5 → g(5) = 3·5 + 7
g(5) = 22
|
Kunci
|
:
|
B
|
Soal Nomor :
12
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4. Menentukan nilai fungsi.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menentukan nilai fungsi jika
nilai dan data fungsi diketahui.
|
Soal
|
:
|
Pada fungsi linier f(x) = ax + b
dengan f(1) = 0 dan f(0) = -2, rumus fungsi f(x) adalah ...
a. f(x) = x – 4 c. f(x) = x + 3
b. f(x) = 2x – 2 d. f(x) = 2x + 5
|
Pembahasan
|
:
|
f(x) = ax + b
f(1) = 1a + b = 0 f(1)
= 1a + b = 0
a – 2 = 0
f(0) = 0a + b = -2
a = 0 + 2
b = -2
a = 2
jadi rumus fungsi f(x) adalah
... f(x) = ax + b
f(x) = 2x – 2
|
Kunci
|
:
|
B
|
Soal Nomor :
13
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
||||||||||||||
Indikator Soal
|
:
|
Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya.
|
||||||||||||||
Soal
|
:
|
Bentuk x2 + 2x – 48 jika
difaktorkan adalah ….
a. (x – 6)(x – 8) c.
(x – 4)(x – 12)
b. (x + 8)(x – 6) d. (x + 24)(x – 2)
|
||||||||||||||
Pembahasan
|
:
|
x2 + 2x – 48
m x n = -48
m + n = 2
m =- 6 dan n = 8
|
||||||||||||||
Kunci
|
:
|
B
|
Soal Nomor :
14
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
||||||||||||||||||
Indikator Soal
|
:
|
Menentukan faktor suku aljabar.
|
||||||||||||||||||
Soal
|
:
|
Salah satu faktor dari: 2x2 –
5xy – 12y2 adalah ….
a. (2x + 3y) c. (x – 2y)
b. (2x + 4y) d. (2x – 12y)
|
||||||||||||||||||
Pembahasan
|
:
|
2x2 – 5xy – 12y2
|
||||||||||||||||||
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
15
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya.
|
Soal
|
:
|
Bentuk 4x2 – 1 dapat
difaktorkan menjadi ….
a. (4x + 1)(4x – 1) c. 4(x + 1)(x – 1)
b. 2(2x + 1)(2x – 1) d. (2x + 1)(2x – 1)
|
Pembahasan
|
:
|
a2 – b2 =
(a – b)(a + b) maka,
4x2 – 1 = (2x2 – 1)(2x2
+ 1)
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
16
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
Soal
|
:
|
Bentuk sederhana dari adalah ….
a. c.
b. d.
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
17
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya.
|
Soal
|
:
|
Bentuk sederhana dari adalah ….
a. c.
b. d.
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
18
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Memahami relasi dan fungsi.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi
dan fungsi.
|
Soal
|
:
|
Secara umum, relasi diartikan
sebagai ...
a. hubungan beberapa himpunan
b. hubungan antara anggota satu himpunan
dengan anggota himpunan yang lain
c. fungsi
d. pemetaan
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
19
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Memahami relasi dan fungsi.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi
dan fungsi.
|
Soal
|
:
|
Berikut adalah cara menyatakan
relasi duaa himpunan, kecuali ...
a. diagram panah c. diagram kartesius
b. diagram venn d. pasangan berurutan
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
20
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Memahami relasi dan fungsi.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyatakan suatu fingsi dengan
relasi.
|
Soal
|
:
|
Relasi dari himpunan A ke
himpunan B dinyatakan dengan hubungan “setengah dari”. Hubungan tersebut jika
dinyatakan dengan notasi fungsi akan menjadi ...
a. f:x → 2x c. f:x → 2x - 1
b. f:x → x / 2 d. f:x → 1 – 2x
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
21
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5. Membuat sketsa grafik
|
||||||||||||||
Indikator Soal
|
:
|
Menyusun tabel pasangan nilai
peubah dengan nilai fungsi.
|
||||||||||||||
Soal
|
:
|
Lengkapilah tabel berikut!
|
||||||||||||||
Pembahasan
|
:
|
|||||||||||||||
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
22
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi tambah dan
kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Bentuk 3a – 5b – a – 4b dapat disederhanakan menjadi ….
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
23
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan
operasi aljabar.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menyelesaikan operasi tambah dan
kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Ani dan Ana berbelanja di
koperasi sekolah. Mereka membeli 4 buku, 2 pensil, dan 2 penggaris dengan
membawa uang Rp.15.000,-. Jika harga 1 buku Rp.2.000,-, 1 pensil Rp.1.500,-,
dan 1 penggaris Rp.1.000,-. Berapakah sisa uang mereka?
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
24
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya.
|
Indikator Soal
|
:
|
Menentukan faktor suku aljabar
|
Soal
|
:
|
Bentuk sederhana dari ialah ….
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
Soal Nomor :
25
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5. Membuat sketsa grafik
|
Indikator Soal
|
:
|
|
Soal
|
:
|
Relasi antara dua himpunan A dan B dinyatakan dengan
himpunan pasangan berurutan {(0,-3), (1,-2), (2,-1), (3,0), (4,1)}
Gambarlah diagram kartesiusnya!
|
Pembahasan
|
:
|
|
Kunci
|
:
|
KISI – KISI PENULISAN SOAL REMIDI
UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MATEMATIKA KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Jenis Sekolah : Madrasah Alokasi Waktu : 60 Menit
Kelas / Semester :
VIII / Ganjil Bentuk
Soal : Pilihan Ganda dan Uraian
Kurikulum Mata Pelajaran : KTSP Jumlah
Soal : 20 Soal Plihan ganda
5 Soal Uraian
Penyusun : EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
ALJABAR
Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar
|
Behan Kelas/
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
No Soal
|
Smt
|
||||
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
VIII / Ganjil
|
Bentuk aljabar
|
·
Menyelesaikan
operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
2
|
·
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
3
|
|||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
VIII / Ganjil
|
Relasi dan
fungsi
|
·
Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
|
4
|
1.4 Menentukan nilai fungsi
|
VIII / Ganjil
|
Fungsi
|
·
Menghitung
nilai fungsi
|
1
|
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
VIII / Ganjil
|
Fungsi
|
·
Menggambar
grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
5
|
Jombang, ……….................
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
SURATMAN, S.Ag EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
REMIDI
Kerjakanlah soal berikut dengan benar!
1.
Lengkapilah
tabel berikut!
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
f(x) = 3x + 2
|
2.
Hasil dari
adalah ...
3.
Apabila dikurangkan
dari hasilnya adalah
...
4.
Sebutkan 3
cara menyatakan relasi!
5.
Relasi
dari himpunan A dan himpunan B dinyatakan dengan {(0,-3), (1,-2), (2,-1), (3,0),
(4,1)}. Gambarlah dengan diagram kartesius!
KARTU SOAL REMIDI
Soal Nomor :
1
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4 Menentukan nilai fungsi
|
||||||||||||||||||||||
Indikator Soal
|
:
|
·
Menghitung nilai
fungsi
|
||||||||||||||||||||||
Soal
|
:
|
Lengkapilah tabel berikut!
|
||||||||||||||||||||||
Pembahasan
|
:
|
|
Soal Nomor :
2
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Indikator Soal
|
:
|
·
Menyelesaikan
operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar.
|
Soal
|
:
|
Hasil
dari adalah ...
|
Pembahasan
|
:
|
2x + 3y + 2x – 3y
2x + 2x + 3y – 3y
4x
|
Soal Nomor :
3
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Indikator Soal
|
:
|
·
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Soal
|
:
|
Apabila dikurangkan
dari hasilnya
adalah ...
|
Pembahasan
|
:
|
- ()
7y + 7 +
5y + 10
7y + 5y
+ 7 + 10
12y + 17
|
Soal Nomor :
4
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3 Memahami relasi dan fungs.
|
Indikator Soal
|
:
|
·
Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
|
Soal
|
:
|
Sebutkan
3 cara menyatakan relasi!
|
Pembahasan
|
:
|
·
Diagram panah
·
Diagram kartesius
·
Himpunan pasangan berurutan
|
Soal Nomor :
5
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
Indikator Soal
|
:
|
·
Menggambar
grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
Soal
|
:
|
Relasi
dari himpunan A dan himpunan B dinyatakan dengan {(0,-3), (1,-2), (2,-1),
(3,0), (4,1)}. Gambarlah dengan diagram kartesius!
|
Pembahasan
|
:
|
KISI – KISI PENULISAN SOAL PENGAYAAN
UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
MATEMATIKA KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Jenis Sekolah : Madrasah Alokasi Waktu : 60 Menit
Kelas / Semester :
VIII / Ganjil Bentuk
Soal : Pilihan Ganda dan Uraian
Kurikulum Mata Pelajaran : KTSP Jumlah
Soal : 20 Soal Plihan ganda
5 Soal Uraian
Penyusun : EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
ALJABAR
Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar
|
Behan Kelas/
|
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
No Soal
|
Smt
|
||||
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
VIII / Ganjil
|
Bentuk aljabar
|
·
Menyelesaikan
operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
1, 2, dan 3
|
Jombang, ……….................
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
SURATMAN, S.Ag EKO
NURWAHYUDI, S.Pd
PENGAYAAN
Kerjakan soal berikut kemudian
sajikan dalam kertas berwarna dengan disertai hiasan agar tampak menarik!
1.
2.
3.
KARTU SOAL REMIDI
Soal Nomor :
1
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Indikator Soal
|
:
|
·
|
Soal
|
:
|
|
Pembahasan
|
:
|
Soal Nomor :
2
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Indikator Soal
|
:
|
·
|
Soal
|
:
|
|
Pembahasan
|
:
|
Soal Nomor :
3
Standar Kopetensi
|
:
|
1. Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
Indikator Soal
|
:
|
·
|
Soal
|
:
|
|
Pembahasan
|
:
|